WISATA RANCA UPAS KABUPATEN BANDUNG KEMBALI DIBUKA UNTUK MASYARAKAT

Wisata Ranca Upas di Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat telah dibuka kembali untuk masyarakat sejak Selasa (14/3/2023) pagi, setelah sempat ditutup sementara akibat kerusakan lingkungan yang terjadi di kawasan tersebut. Namun, event sepeda motor trail dan offroad tetap dilarang hingga waktu yang belum ditentukan.

Ranca Upas Location, Untuk Pengunjung Cijeruk Bogor

Penanaman Bibit Pohon di Kawasan Wisata Ranca Upas

Pihak terkait telah melakukan penanaman 5.000 bibit pohon di kawasan wisata Ranca Upas sebagai upaya rehabilitasi lingkungan. Penanaman tersebut dilakukan bekerja sama dengan pegiat lingkungan termasuk menggandeng instansi dan lembaga terkait. Direktur Komersial Perhutani, Anggar Widiyatmoko mengatakan bahwa penanaman bibit pohon tersebut merupakan kegiatan awal gerakan penanaman di kawasan hutan tersebut. Ia juga menambahkan bahwa ke depannya, ribuan bibit lainnya akan terus ditanam.

Penanaman bibit pohon di kawasan wisata Ranca Upas ini merupakan bukti bahwa masyarakat termasuk Perhutani mencintai lingkungan khususnya di kawasan tersebut. Diharapkan kawasan wisata tersebut menjadi lebih baik dan hijau.

Dilarangnya Kegiatan Motor Trail dan Roda Empat di Wisata Ranca Upas

Direktur Komersial Perhutani, Anggar Widiyatmoko mengatakan bahwa kegiatan motor trail sementara ini dilarang untuk sementara waktu termasuk kegiatan roda empat yang harus ditutup. Pihak terkait akan melakukan evaluasi dan menata kembali kegiatan di tempat wisata Ranca Upas.

Peristiwa kerusakan 2.000 bunga rawa akibat dilindas sepeda motor trail pada ajang trail menjadi pembelajaran bagi pengelola. Diharapkan kejadian tersebut tidak terulang di masa depan.

Dibukanya Kembali Tempat Wisata Ranca Upas

Direktur Utama Perhutani Alam Wisata, Lucy Mardiana menjelaskan bahwa dibukanya kembali tempat wisata Ranca Upas karena melihat kondisi ekonomi warga yang tetap harus berjalan. Menurutnya, banyak pedagang masyarakat yang berjualan mengandalkan penghasilan dari kawasan wisata tersebut. Apabila kawasan wisata ditutup terus menerus, maka perekonomian akan mati.

Setelah dilakukan penanaman bibit pohon dan rehabilitasi lingkungan, wisata Ranca Upas di Kabupaten Bandung kembali dibuka untuk masyarakat. Dilarangnya kegiatan motor trail dan offroad termasuk kegiatan roda empat untuk sementara waktu dan akan dilakukan evaluasi untuk menata kembali kegiatan di tempat wisata. Diharapkan kejadian kerusakan lingkungan di masa lalu tidak terulang dan kawasan wisata Ranca Upas menjadi lebih baik dan hijau.

About admin

Check Also

Harga Ranca Upas

Harga Ranca Upas: Info Terbaru dan Tips Liburan Hemat

Ingin tahu harga tiket masuk dan penginapan di Ranca Upas? Simak informasi terbaru dan tips liburan hemat di sini. Jangan sampai kelewatan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Tiket Ranca upas sd 01 FEBRARI 2022