Lompat ke konten
Beranda » Blog » Tips Sebelum Menginap Di Ranca Upas

Tips Sebelum Menginap Di Ranca Upas

Sudah tidak sabar untuk berwisata ke Ranca Upas yang menawarkan keindahan pemandangan luar biasa dan dikenal sebagai tempat camping terbaik di Jawa Barat. Jika anda pecinta camping, tempat ini tidak boleh dilewatkan. Kawasan wisata Ciwidey memiliki kondisi alam yang masih begitu asri sehingga akan menarik untuk dikunjungi orang yang bosan dengan aktivitas dan rekreasi perkotaan. Disini kami akan membahas segala sesuatu yang akan memudahkan anda untuk mempersiapkan petualangan atau camping di Ranca Upas, mulai dari rute perjalanan, harga tiket, dan akomodasi hingga paket camping.

Serba-Serbi Ranca Upas

Awalnya, Ranca Upas adalah hutan belantara yang dipenuhi rawa-rawa dan banyak hewan liar. Tempat ini juga digunakan sebagai tempat latihan Kopassus. Luasnya sekitar 215 hektar, terletak di ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, dengan suhu antara 17-20 °C. Ada banyak flora dan fauna di kawasan ini, seperti pohon Huru, Hamirug, Jamuju, Kihujan, Kitambang, Kurai, Pasang dan Puspa. Sedangkan faunanya terdiri dari berbagai jenis burung, serta banyak hewan peliharaan lainnya. Tempat wisata yang terletak di Ciwidey ini mendapatkan namanya dari bahasa Sunda yang artinya Ranca yang artinya rawa dan Upas adalah nama salah satu jenis pohon dari famili Moraceae yang oleh masyarakat setempat disebut dengan Pohon Upas.

Seperti namanya, kawasan ini dibanjiri oleh pohon upas yang merupakan pohon beracun untuk pembuatan panah beracun pada zaman dahulu. Seiring berjalannya waktu, kawasan ini akhirnya menjadi hutan lindung di bawah pengawasan Perhutani setelah tidak ada lagi hewan liar yang berkeliaran di hutan dan digunakan sebagai tempat berkemah atau perkemahan dan tempat penangkaran rusa Cervus Timorensis dengan nama resmi Kampung Cai Ranca Upas . Yang saat ini menjadi salah satu tempat wisata milik Perhutani yang tergabung dalam Unit Usaha Mandiri dan Jasa Lingkungan Daerah (KBM WIJAS) bersama dengan Kawah Putih.

Akses Rute dan Lokasi

Kampung Cai Ranca Upas adalah sebuah perkemahan di Bandung, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Secara khusus masuk sebagai objek wisata di Bandung bagian selatan. Terletak di Jalan Raya Ciwidey Patenggang KM. 11, Alam Endah, Ciwidey Kabupaten Bandung, sekitar 50 km / 90 menit berkendara dari pusat kota Bandung. Aksesnya mulus dan nyaman dengan jalan beraspal, sehingga Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Selain kendaraan pribadi seperti mobil, Ranca Upas juga dapat ditempuh dengan kendaraan umum dari terminal Leuwipanjang Bandung, yakni L300 Jalan Bandung-Ciwidey. Jika tidak menemukan moda transportasi ini, Anda bisa menggunakan angkutan kota khusus Soreang dan berganti ke Ciwidey.

Objek Wisata

Ranca Upas menawarkan rekreasi alam pegunungan yang seru dan menantang, namun juga menyenangkan dan menyehatkan. Dikelola di bawah Badan Perhutani, pada Mei 2012, Ranca Upas memperkenalkan konsep baru untuk perkemahannya yaitu dengan membangun taman bermain air dan sumber air panas untuk melengkapi kawasan ekowisata, yang sebelumnya juga terdapat fasilitas lain seperti wisata alam terbuka. Sebagai kawasan wisata alam terpadu, telah disediakan objek wisata menarik di kawasan Ranca Upas, antara lain:

Area Perkemahan Ranca Upas

Tempat ini terkenal sebagai salah satu area camping ground terlengkap di Bandung Selatan, berkapasitas hingga 10.000 orang, sangat luas dan kita bisa memilih lokasi camping ground sesuai keinginan kita.

Penangkaran Rusa

Tempat wisata di Bandung Selatan ini juga menyediakan salah satu tempat yang terkenal sebagai cagar alam untuk jenis rusa yang dibiarkan hidup di alam liar maupun di habitat aslinya. Menikmati sejuknya suasana alam pegunungan yang terbentang sembari melihat dan memberi makan rusa bisa menjadi sensasi yang tak terlupakan jika Anda membawa serta buah hati Anda ke sini. Anda bisa berfoto dengan rusa dan memberi makan rusa dengan wortel yang bisa dibeli di dekat pintu masuk.

Kolam Pemandian Air Panas Dan Waterboom

Kawasan yang terkenal dengan suhu sejuk ini memiliki kolam renang dan pemandian air panas dengan fasilitas Waterboom. Kita bisa menikmati sensasi bermain air dan berenang di kolam pemandian air panas di tengah kawasan hutan yang sangat asri dan sejuk.

Fun Adventure

Kawasan wisata di Ciwidey ini juga menawarkan fasilitas Fun Adventure seperti kegiatan outdoor atau gathering yang sangat menarik dan menantang yang banyak digandrungi oleh wisatawan yang berkunjung ke kawasan ini. Gathering bisa dilakukan di luar ruangan atau keluar sendiri bersama keluarga atau berkelompok.

Pengalaman berwisata ke kawasan wisata ini pastinya akan menjadi petualangan seru yang tidak akan Anda temukan di tempat wisata lainnya. Kawasan wisata di desa Cai Ranca Upas buka 24 jam sehari, baik pada hari biasa, Minggu maupun hari libur nasional. Disarankan untuk menuju ke lokasi Ranca Upas pada pagi hari karena pada malam hari jalanannya gelap karena melewati hutan pinus yang lebat.

Anda bisa langsung menuju lokasi dan bertanya kepada pengelola atau warga sekitar untuk menanyakan ketersediaan paket trekking atau camping di Ranca Upas. Ada beberapa hostel yang terletak di dekat kawasan wisata Ranca Upas, yaitu:

  • Patuha Resort
  • Pondok Gembyang
  • Villa Kampung Karuhun Sutan Raja
  • Argapuri Ciwidey Resort
  • Kampung Pago
  • Sukarasa Endah Cottage
  • Albis Hotel Ciwidey
  • D’riam Riverside Resort
  • Ciwidey Valley Resort
  • Sindang Reret Ciwidey Hotel
  • Green Hill Park
  • Rancabali Tea Resort

Tips Perjalanan

  • Bawalah jaket, syal, kerudung, sarung tangan dan kaos kaki karena udara sangat dingin terutama pada malam hari sebelum pagi hari.
  • Siapkan payung atau jas hujan.
  • Siapkan uang tunai yang cukup karena tidak ada ATM di area ini.
  • Bawalah senter atau perangkat penerangan lainnya karena tempat ini hampir tidak memiliki penerangan di malam hari.
  • Disarankan berangkat pagi hari agar tidak terlambat saat memasuki kawasan Ranca Upas karena akan melewati kawasan hutan Ciwidey yang merupakan kawasan yang sangat berbahaya dan masih terdapat beberapa satwa liar.
  • Jangan lupa membawa perlengkapan dokumentasi seperti kamera smartphone, kamera digital atau camcorder untuk mengabadikan momen-momen yang tidak bisa diabadikan di sana.

Kawasan wisata Ranca Upas layak untuk dikunjungi baik anak-anak, remaja maupun keluarga. Selain itu, lokasi wisata ini juga sangat cocok untuk mengabadikan momen prewedding dengan foto panorama alam. Selamat berwisata ke Ranca Upas!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *