Lompat ke konten
Beranda » Blog » Teruntuk Kamu Yang Suka Nanya Ranca Upas Ada Apa Aja…

Teruntuk Kamu Yang Suka Nanya Ranca Upas Ada Apa Aja…

Ciwidey Bandung merupakan salah satu destinasi wisata favorit di wilayah Bandung Selatan. Selanjutnya, sekarang ada akses ke Soreang. Waktu perjalanan sangat berkurang. Nah, kawasan Kampung Cai Ranca Upas menjadi salah satu tempat wisata favorit di Ciwidey. Ranca Upas sudah lama beroperasi, bahkan sampai sekarang masih banyak dikunjungi wisatawan.

Mengenal Kampung Cai Ranca Upas

Ranca Upas terletak di ketinggian 1700 m. Jadi berada di kawasan ini paling indah dan terbaik dengan suhu dingin yang bisa mencapai 17 derajat. Atau dalam keadaan normal bisa mencapai 20 derajat. diyakini bisa untuk menyingkirkan semua stres dan tuntutan pekerjaan dan kehidupan. Dengan suhu udara yang sejuk menyegarkan, tepat di sebelah area kebun teh, serta hutan alam lindung, kawasan Ranca Upas tentu menjadi favorit. Suasana tempat ini dijamin bisa menghilangkan kepenatan kita.

Kawasan ini bukan hanya tempat wisata biasa, tapi juga tempat camping di Bandung. Setiap akhir pekan tempat ini selalu dipenuhi rombongan atau keluarga yang berkemah di sini. Namun meski banyak yang berkemah, ia tidak merasa kenyang. Wajar saja, kawasan Ranca Upas sangat luas. Jadi kita tidak akan terlalu dekat dengan kelompok lain.

Asal-usul Ranca Upas

Nama Ranca Upas diambil dari bahasa Sunda yaitu Ranca dan Upas. Ranca artinya rawa. Dan Upas adalah seorang Perwira Perhutani yang namanya sudah terkenal dan melegenda di kawasan Gunung Patuha. Jadi, siapa Upas itu? Dia adalah pria Belanda, tinggi 198 cm dan memiliki tubuh yang kekar. Ia meninggal saat dalam misi menjelajahi daerah rawa, dan konon hingga saat ini jenazahnya belum ditemukan. Banyak yang mengaku bertemu dengan Upas yang saat itu bertopi koboi dan lengkap dengan petugas kehutanan. Konon penampakannya ini sering dilihat oleh wisatawan lain lho.

Daya tarik Ranca Upas

Mari nikmati berbagai permainan yang bisa digunakan. Wahana pertama yang bisa dinikmati adalah area Smart Camp Ranca Upas Adventure. Dimana, area ini merupakan area camping yang mampu menampung 10.000 orang. Terlalu luas bukan? Berkemah di tempat ini sangat menyenangkan. Namun, jangan lupakan perbekalannya karena disini dingin.

Ranca Upas juga dikenal sebagai tempat penangkaran rusa. Ada cerita menarik tentang rusa ini. Dimana, rusa ini merupakan hewan yang pemalu. Jadi, lihat manusia akan pergi. Namun, di antara petugas saat ini, hanya satu penjaga yang bisa memanggil rusa ini untuk makan. Luar biasa bukan? Di sini, Anda juga bisa memanfaatkan pemandian air panas dan waterboom yang bisa merilekskan tubuh Anda. Karena air panas ini mengandung belerang yang memiliki manfaat untuk kulit dan tubuh. Rasakan ketenangan dan keteduhan saat berendam di tempat ini.

Apakah Anda menginginkan sesuatu yang menantang? Anda dapat menikmati petualangan yang menyenangkan. Banyak outbond yang harus dilakukan. Outbond di kawasan ini juga menjadi daya tarik dan disukai wisatawan lain. Dijamin, keseruan ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Anda juga wajib menikmati area fun games. Di area ini Anda bisa bermain kayak, di kolam air dan berbagai macam permainan seru yang pasti akan menahan Anda.

Lokasi Ranca Upas tidak jauh dari tempat wisata populer lainnya di kawasan Ciwidey seperti Glamping Lakeside, Situ Patenggang dan Kawah Putih.

Cara Menuju dan lokasi Ranca Upas

Tempat ini terletak di Jalan Ciwidey – Patengan Km 11, Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Jarak yang ditempuh sekitar 50 km arah selatan Bandung. Jalan utama menuju kawasan ini adalah Jalan Bandung menuju Soreang. Dari kawasan ini, teman-teman pribumi bisa melanjutkan perjalanan ke Ciwidey. Jarak dari Ciwidey ke Ranca Upas sekitar 6 km dengan waktu tempuh sekitar 10 menit. Dengan kondisi jalan yang sangat bersahabat. Kini akses menuju kawasan Ciwidey bisa lebih cepat dengan gerbang tol Soreang. Lumayan untuk menghemat waktu, tidak perlu melewati kawasan Bandung yang ramai.

Anda juga bisa menggunakan transportasi umum. Teman-teman yang menggunakan kereta api bisa turun di stasiun Bandung. Kemudian, naik angkot yang menuju Terminal Leuwi Panjang. Terminal ini merupakan pintu masuk menuju Ranca Upas. Dari Terminal Leuwi panjang, Anda bisa naik angkutan umum (elf atau minibus) menuju Terminal Ciwidey. Dari Terminal Ciwidey, Anda bisa menggunakan Angkot untuk menuju Ranca Upas. Tidak ada jam buka di area ini, jadi Anda bisa mengunjungi area ini kapan saja. Meski 24 jam, teman-teman pribumi disarankan untuk mengunjungi kawasan ini pada pagi hari. Karena perjalanan menuju kawasan ini sangat sepi pada malam hari.

Harga tiket masuk Ranca Upas

Harga tiket masuk: Rp 20.000 /orang
Parkir motor: Rp 5.000
Parkir mobil : Rp 10.000
Penyimpanan helm: Rp 2.500/helm
Tiket masuk kolam renang: Rp 20.000 per orang
Segenggam wortel (memberi makan rusa): Rp 10.000
Satu genggam lobak (makanan rusa): Rp 5.000
Nah, jika Anda ingin bermain di beberapa game yang tersedia, Anda harus membayar lagi.

Berikut daftar harga beberapa game di Ranca Upas:

Sepeda gunung: Rp 10.000/jam
Paintball: Rp90.000
Jembatan goyang: Rp 15.000
Permainan seru: Rp 75.000
Burma V : 15.000 rupiah
Jembatan Elvis: Rp 15.000
Flying fox: Rp 15.000
Trampolin bungee: Rp15.000

Spot Foto Prewedding di Ranca Upas

Tidak hanya atraksi, kita juga bisa melakukan prewedding di Ranca Upas. Harganya juga sangat murah. Tak heran jika tempat ini menjadi salah satu tempat prewedding terpopuler di Bandung. Banyaknya aktivitas yang ditawarkan di kawasan ini membuat kalian wajib menginap dan mencari tempat tinggal. Tentang Ranca Upas sebenarnya berdiri di sekitar kawasan ini berupa hotel atau juga homestay. Anda bisa memilih tarif yang disesuaikan dengan fasilitas yang akan ditawarkan.

Saat berkunjung ke Ranca Upas, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Ciwidey yaitu dodol strawberry. Sepanjang jalan, Anda akan melihat berbagai jenis perkebunan stroberi. Biasanya warga Ciwidey mengolah sendiri buah ini sehingga menjadi strawberry yang enak. Dengan persiapannya yang istimewa, yang membuat kualitas makanan ini sangat enak. Selain tidak memiliki bahan yang berbahaya, semuanya menggunakan bahan alami yang aman untuk dikonsumsi. Harga dodol strawberry ini tidak terlalu mahal, hanya sekitar 10 ribu saja. Jangan lupa menikmati Bandrek yang pastinya menghangatkan badan. Dodol dan Bandrek merupakan oleh-oleh khas Ciwidey yang sayang untuk dilewatkan.

Ranca Upas Ciwidey sebenarnya memiliki berbagai macam legenda dan misteri yang bisa menakutkan. Namun Ranca Upas tetap menjadi kawasan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Teman-teman asli bisa mengunjungi tempat ini dan merasakan keseruan dan kebahagiaan yang ditawarkannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *