Lompat ke konten
Beranda » Ranca Upas Bandung Camping

Ranca Upas Bandung Camping

Terletak di kawasan wisata Bandung Selatan, Ranca Upas merupakan tempat berkemah dan wisata sekaligus hutan lindung di bawah pengelolaan Perhutani yang berlokasi di Jl. Raya Ciwidey – Patengan No.KM. 11, Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973. Akses jalan menuju Ranca Upas sudah bagus karena bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat.

Untuk nama Ranca Upas, Ranca Upas berasal dari dua kata Ranca dan Upas. Ranca artinya rawa. Upas artinya pohon Upas (moraceae), yang dulu banyak tumbuh di rawa ini. Pohon Upas adalah pohon beracun yang biasa digunakan untuk berburu di hutan, dengan cara mengoleskan racun pada ujung anak panah atau tombak. Nama Ranca Upas diberikan sesuai dengan adat masyarakat SUNDA tepatnya, yaitu memberi nama pada suatu daerah yang diidentikkan menurut ciri, peristiwa atau adatnya. Alasannya sederhana dan mudah diingat. Ya, itu masuk akal juga.

Daya Tarik Ranca Upas

Lokasinya yang berada 1700 mdpl, memiliki pesona keindahan alam yang masih alami dengan udara khas dataran tinggi membuat suasana alam Bumi Perkemahan Ranca Upas sejuk dan menyegarkan, daya tarik Ranca Upas yang dulu hanya dikenal sebagai perkemahan dan tempat penangkaran rusa , Saat ini sedang dikembangkan dengan fasilitas baru, antara lain kolam air panas, dan fasilitas outdoor. Fasilitas MCK umum di bumi perkemahan ini sudah bagus dan bersih, jadi tidak perlu bingung untuk urusan MCK, ditambah lagi ada mushola dan kios komersil.

Persiapan dan Peralatan

  • Tenda jangan khawatir jika tidak memiliki tenda, saat masuk ke loket pembayaran bisa melihat daftar harga sewa tenda mulai dari Rp 150.000 untuk dua orang hingga Rp 350.000 untuk sepuluh orang.
  • Kantong tidur juga ada yang disewakan dengan harga 20.000 rupiah
  • Bantal/kasur tidur, kalau bisa sewa atau bawa sendiri untuk alas tidur, kami tahu kenyamanan seperti apa yang diinginkan, bisa bawa kasur busa atau kasur angin.
  • Jangan lupa bawa bantal untuk tidur yang nyaman
  • Pakaian hangat dan jaket tebal harus dibawa, suhu siang hari sekitar 16 derajat, dan pada malam hari bisa turun di bawah 10 derajat
  • Kaus kaki tidur biasanya sejuk dari ujung kaki, kenakan kaus kaki agar lebih hangat dan nyaman saat tidur.
  • senter / lampu utama
  • lampu tenda
  • Uang, karena tidak ada ATM di tempat
  • Kompor dan peralatan masak Kalau suka masak, kalau tidak mau repot pesan saja di kios, banyak yang sold out agar tidak takut kelaparan.
  • Lebih baik membawa air mineral dari rumah.
  • Jangan lupa power banknya, di tempat itu juga ada layanan isi ulang powerbank jika powerbank kita habis.
  • Tidak ketinggalan kamera + tripod.

Setelah mencari tempat parkir yang cocok, segeralah mencari tempat untuk mendirikan tenda. Kalau kita lihat di map Ranca Upas, kita bisa memilih mau mendirikan tenda di mana, kita mau di dekat tempat parkir, kita bisa di dekat toilet, kita bisa di dekat danau, tidak ada halangan. mendekati hutan, kita ingin menghadap Utara dan selatan Free Selatan dan Barat tergantung mood dan apa yang menurut kita nyaman saat memutuskan dimana akan menempatkan tenda. Oh ya, di sini Anda membeli kayu bakar. Untuk api unggun di Rp 15.000 per ikat.

Nikmati suasana malam di Camping Site Ranca Upas

Suhu udara di Ranca Upas sangat dingin, suhu udara malam itu mencapai 10 derajat. Jangan lupa membawa senter atau headlamp untuk penerangan. Ya, jangan lupa untuk mencari tanda atau jalan setapak dari tenda ke toilet, agar tidak tersesat atau sulit menemukan tenda Anda, mengingat gelap dan terkadang berkabut. Sekedar informasi, kios di dekat tempat parkir Ranca Upas buka 24 jam, jadi sekali lagi kita tidak akan kekurangan apapun di Ranca Upas, yang penting siapkan uang tunai karena tidak ada ATM.

Berburu Sunrise di Ranca Upas

Saat Anda menikmati matahari terbit di Ranca Upas, kami akan memberikan Anda pemandangan matahari terbit melalui kabut pagi. Embun menempel di tenda dan rerumputan menguap saat terkena sinar matahari, menciptakan suasana dramatis. Banyak fotografer yang datang bersama rombongannya datang pagi-pagi sekali untuk berburu saat matahari terbit.

Peternakan Rusa

Setelah puas dengan foto pemandangannya, Anda bisa mengunjungi keluarga rusa. Cukup untuk membeli wortel untuk makanan rusa seharga Rp 10.000. Kita bisa masuk dan memberi makan rusa dan selfie rusa. Hewan-hewan tersebut tergolong jinak, dan digunakan untuk turis. Tapi jangan lupa untuk merawat wortelnya, jika Anda sedikit ceroboh, ada rusa penasaran yang mengambil wortel di kantong plastik Anda. Cerita tentang penangkaran ini pertama kali dimulai dengan 8 ekor rusa yang masuk dalam kawasan penangkaran pada tahun 80-an dan sekarang sudah banyak berkembang dan kemudian sejak tahun 2010 pengelola kawasan konservasi mengizinkan pengunjung untuk mendekat dan memberi makan rusa, biasanya dalam bentuk sayuran. Seperti wortel yang dijual di pintu masuk.

Outbond di Ranca Upas

Selain menikmati keindahan alam, Kampung Cai juga menawarkan berbagai wahana, seperti Flying Fox, Cargo Net, Water Ball dan Shake Stairs. Ada juga Tegal Kawani, area outdoor yang berada di area yang sama dengan keluarga rusa. Permainan bisa disewa, misalnya harga sewa sepeda gunung misalnya Rp 10.000 per jam, wahana hiburan Rp 47.000, paintball Rp 90.000, trampolin Rp 15.000, jembatan goyang Rp 15.000, Flying Fox Rp15.000 dan berenang di kolam air panas Rp15.000.

Berkemah di Ranca Upas, dengan biaya yang sangat terjangkau, fasilitas yang sangat lengkap dan kebersihan toilet yang terjamin, selain itu dengan banyaknya kios yang menjual segala kebutuhan selama berkemah yang sangat membantu, dan sangat memanjakan. Parkir mobil/motor tertata rapi dan aman. Suasana alamnya asri, saat sunrise dan sunset, jika ingin camping usahakan datang sebelum sore hari agar bisa explore tempat untuk mendirikan tenda sesuai selera dan menikmati sunset. Apakah cocok untuk anak-anak/orang tua? berkemah di sini bisa untuk segala usia, kita hanya harus menyesuaikan jenis kenyamanan yang harus kita persiapkan. Akhirnya, selamat liburan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *