Lompat ke konten
Beranda » Jangan Sampai Bingung Kalau Main Ke Ranca Upas

Jangan Sampai Bingung Kalau Main Ke Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas atau yang lebih dikenal dengan Ranca Upas Ciwidey adalah sebuah kawasan camping di Kabupaten Bandung Selatan. Ranca Upas terletak di ketinggian sekitar 1.700 meter di atas permukaan laut dan memiliki luas sekitar 215 hektar. Suhu rata-rata di Ranca Upas adalah 17 – 20 ° C.

Sebelum dijadikan tempat wisata, Ranca Upas merupakan hutan belantara dengan rawa-rawa yang luas dan menjadi salah satu tempat latihan para Kopassus, hingga akhirnya dijadikan sebagai hutan lindung dan camping ground. Ranca Upas berhawa sejuk dengan lahan datar yang cukup luas dan dihiasi tanaman pegunungan. Berwisata ke Ranca Upas Ciwidey, ada banyak hal seru yang bisa dilakukan. Selain berkemah, Anda juga bisa berinteraksi langsung dengan rusa dan memberi makan mereka.

Tak heran jika destinasi di Bandung selatan ini menjadi tempat yang ideal bagi wisatawan baik dalam maupun luar Bandung. Berikut informasi lengkap Ranca Upas Ciwidey yang perlu Anda ketahui.

Permainan dan Situs Populer di Ranca Upas

Berwisata ke suatu tempat belum lengkap rasanya jika Anda bermain wahana dan berfoto di spot populer di destinasi tersebut. Seperti destinasi wisata di Bandung dan kota lainnya, Ranca Upas menawarkan banyak wahana dan tempat seru yang akan melengkapi liburan, di antaranya sebagai berikut.

Penangkaran Rusa

Ranca Upas dikenal sebagai tempat memelihara salah satu hewan langka yaitu Rusa. Wisatawan di sini bebas berinteraksi langsung dengan rusa. Anda bisa pergi ke keluarga rusa dan memberi mereka makan. Kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana edukasi bagi anak-anak untuk dapat berempati dan merawat hewan di sekitar mereka. Ranca Upas memiliki populasi rusa yang sangat besar, hingga ratusan ekor yang dibiarkan hidup bebas, dan berkembang biak secara alami di habitat aslinya. Rusa adalah hewan yang lembut dan jinak, sehingga sangat aman untuk didekati dan berinteraksi.

Berkemah

Aktivitas paling seru yang dilakukan wisatawan di Ranca Upas adalah berkemah. Ranca Upas memiliki luas padang rumput yang sangat luas dan mampu menampung sekitar 10.000 orang. Ranca Upas merupakan salah satu tempat camping favorit di Kabupaten Bandung, apalagi suhu di sini sangat dingin saat pagi tiba. Jika Anda tidak memiliki tenda, jangan khawatir karena Ranca Upas menawarkan persewaan berbagai jenis tenda dengan kapasitas mulai dari 2 hingga 40 orang. Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk berkemah bersama teman dan keluarga.

Game Perang

Selain berkemah dan berinteraksi dengan rusa, di Ranca Upas, wisatawan dapat berlatih bela diri seperti panahan dan paintball. Tur ini akan dilatih dan dipandu oleh pemandu profesional di bidangnya. Jadi bagi wisatawan yang ingin merasakan permainan perang untuk pertama kalinya, tidak perlu khawatir akan kesulitan.

Kendaraan Otomatis (ATV)

Seperti wisata hiburan lainnya di Bandung, Ranca Upas juga menyediakan wisata ATV yang bisa digunakan oleh segala usia. Dari anak-anak hingga dewasa, Anda bisa menyewa ATV untuk berkeliling ke beberapa kawasan Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey.

Pemandian Air Panas

Ranca Upas terletak di ketinggian 1700 mdpl dan bercirikan suhu sejuk terutama pada pagi dan sore hari. Udara sejuk yang menusuk bisa dihangatkan dengan berendam di pemandian air panas Ranca Upas. Selain sifatnya yang menghangatkan, air panas alami ini dapat membuat tubuh rileks dan bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Waterboom Ranca Upas

Tidak hanya pemandian air panas, Ranca Upas menawarkan wahana air yang pasti disukai anak-anak dan remaja. Waterboom Ranca Upas memiliki perosotan dan ember tumpah dimana suhu air di ember dan di kolam hangat. Waterboom terletak di sebelah kolam air panas Ranca Upas.

Outbound dan Fun Games

Liburan di Ranca Upas tidak hanya bisa dihabiskan bersama keluarga atau teman, tapi kamu bisa mengajak teman-teman dari kantoran untuk jalan-jalan kesini. Ranca Upas menawarkan area outdoor dengan beragam wahana, mulai dari rocking bridge hingga flying fox yang bisa Anda coba di sini.

Alamat dan Transportasi Menuju Ranca Upas

Bagi yang memang ingin berlibur ke Ranca Upas Ciwidey, jangan khawatir, ada banyak sarana transportasi yang bisa digunakan. Mulai dari kendaraan pribadi hingga angkutan umum. Di bawah ini adalah akses transportasi menuju lokasi tersebut.

Mobil

Wisatawan yang menggunakan mobil dari Bandung atau dari luar kota seperti Jakarta, bisa melewati Tol Soroja, lalu keluar di Gerbang Soreang. Sekitar 26 km dari gerbang tol menuju Situ Patenggang, Ciwidey, Anda mencapai Kampung Cai Ranca Upas.

Sepeda motor

Bagi wisatawan yang datang dari Bandung dengan sepeda motor, jalan yang mereka ambil mengarah ke Jalan Kopo, kemudian mengarah ke Soreang-Ciwidey. Jarak dari kota Bandung sekitar 40 km ke arah selatan Bandung.

Kendaraan Umum

Jika Anda tidak memiliki mobil pribadi, Anda tetap bisa berlibur di Ranca Upas dengan menggunakan kendaraan umum. Berawal dari Terminal Leuwipanjang Bandung, terminal ini menjadi pemberhentian bagi mereka yang datang dari Jakarta. Jadi jika Anda menggunakan bus ke Bandung, Anda bisa langsung mengejar perjalanan tanpa harus meninggalkan area terminal. Di terminal Leuwipanjang, Anda dapat menggunakan transportasi kota ke Leuwipanjang – Ciwidey. Tiba di Ciwidey, dilanjutkan dengan angkutan Ciwidey – Rancabali kuning. Angkutan kota ini akan melewati gerbang masuk Kampung Cai Ranca Upas.

Ciwidey memiliki banyak destinasi wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Selain Kawah Putih dan Situ Patenggang, ada juga Kampung Cai Ranca Upas yang menjadi tempat berkemah ria sambil memberi makan rusa. Sudah siap liburan ke Ciwidey?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *