Lompat ke konten
Beranda » Jangan Lupa Kalau Ke Ranca Upas Cobain Sensasi Berendam Air Panasnya

Jangan Lupa Kalau Ke Ranca Upas Cobain Sensasi Berendam Air Panasnya

Bagi anda yang ingin berwisata di kawasan Ciwidey Bandung, Kampung Cai Ranca Upas mungkin bisa menjadi pilihan untuk liburan anda. Kampung Cai Ranca Upas merupakan sebuah desa yang terletak di tengah hutan dengan berbagai keindahan yang menyejukkan mata. Kawasan wisata ini terletak di Desa Alam Endah, Kecamatan Ranca Upas, sekitar 50 kilometer arah selatan pusat kota Bandung, Jawa Barat.

Sejarah Singkat Ranca Upas Dan Faslitas Di Dalamnya

Ranca Upas memiliki luas yang sangat luas sekitar 215 hektar. Sebagai salah satu kawasan hutan lindung di Bandung, Upas merupakan tempat konservasi berbagai jenis tumbuhan langka seperti Jamuju, Huru, Hamirug, Kihujan, Kitambang dan berbagai satwa seperti burung dan rusa. Dalam kamus bahasa Sunda, “Kampung Cai” dapat diartikan sebagai “Desa Air”. Karena itulah masyarakat sering menyebut kawasan ini sebagai Desa Air Ranca Upas.

Tempat wisata di Bandung selatan ini sendiri berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, sehingga suhu udara di kawasan wisata alam yang masih alami ini sangat dingin berkisar antara 17°C hingga 20°C. suhu di sini bisa mencapai suhu terendah di bawah 0 °C. Kawasan wisata Ranca Upas di Ciwidey dulunya merupakan tempat camping ground sekaligus tempat kegiatan outdoor yang diselenggarakan oleh berbagai komunitas.

Karena kondisi geografis dan karakteristik alamnya yang unik, sejumlah fasilitas menarik telah ditambahkan di kawasan ini, seperti permainan perang, ATV, dan kolam renang berpemanas. Daerah ini terkenal sebagai tempat camping yang sangat luas dengan kapasitas 10.000 ribu orang, jadi tempat ini sangat gratis dan anda bisa memilih lokasi atau camping site yang sesuai dengan kebutuhan anda. Di Kampung Cai, Anda bisa bermain semburan air dengan air panas. Ini pasti akan memanjakan Anda dan keluarga. Selain suasana yang indah, asri dan sangat menyegarkan di atas pegunungan, Anda tidak akan menyesal memilih kawasan wisata ini.

Kampung Cai Ranca Upas Ciwidey Bandung memiliki beberapa kolam air panas dan danau. Jadi, bagi Anda yang tidak ingin bermain water boom tetap bisa menikmati suasana alam di sana dengan berkeliling danau menggunakan sampan. Salah satu kegiatan populer yang biasa dilakukan di sana adalah mengunjungi penangkaran Rusa Jawa (Cervus Timorensis). Di penangkaran, Anda bisa berinteraksi langsung dengan kawanan rusa yang hidup bebas di alam terbuka. Areal penangkaran berada di atas lahan seluas 5 hektar. Yang biasa dilakukan wisatawan di tempat ini adalah memberi makan rusa dengan sayuran dan wortel yang telah disediakan.

Harga Tiket Masuk Dan biaya Fasilitas Lainnya

Untuk tiketnya, setiap orang harus membayar Rp. 5000 untuk hari biasa dan Rp. 10.000 untuk akhir pekan. Untuk pengunjung yang datang dari luar negeri, harga tiketnya Rp. 30.000. Jika Anda membawa kendaraan, tiket roda dua akan menjadi sekitar Rp. 2.000 kendaraan roda empat sekitar Rp. 5.000, sedangkan untuk truk atau bus sekitar Rp. 20.000. Harga tiket ini belum termasuk tiket masuk ke waterpark, pemandian air panas, dan parkir. Untuk memainkan Waterboom, Anda harus membayar lagi Rp. 10.000 per orang, untuk pemandian air panas sekitar Rp. 3.500 per orang.

Untuk kebutuhan logistik, Anda bisa membawanya dari rumah atau membelinya di kios-kios yang ada di sekitar lokasi. Di warung-warung ini terdapat berbagai jenis makanan, aneka jajanan dan kayu bakar untuk memasak atau api unggun. Jika tidak ingin repot membawa perlengkapan camping, Anda bisa menyewa perlengkapan seperti tenda, tempat tidur, dll. Jika ingin menginap di kawasan Ranca Upas Ciwidey tanpa camping, ada beberapa pilihan hotel atau hostel.

Rute Menuju Kampung Cai Ranca Upas

Dari pusat kota Bandung menuju Kampung Ranca Upas Ciwidey, Anda perlu menempuh jarak 50 kilometer arah selatan Bandung. Waktu tempuh yang dibutuhkan kurang lebih dua jam menggunakan kendaraan pribadi. Jalan utama yang harus ditempuh adalah jalan selatan Bandung menuju Soreang (ibukota Kabupaten Bandung), kemudian dilanjutkan menuju Ciwidey. Selain menggunakan mobil pribadi, Anda juga bisa menggunakan kendaraan umum menuju Ranca Upas Ciwidey. Pertama Anda harus menuju terminal bus Leuwipanjang, kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus menuju Ciwidey. Setibanya di Terminal Ciwidey, Anda dapat melanjutkan perjalanan menuju Kampung Cai Ranca Upas menggunakan Angkot.

Itulah info singkat seputar Kampung Cai Ranca Upas yang bisa disampaikan di segmen kali ini, untuk info lebih lanjut bisa menghubungi nomor yang sudah tertera di Website. Ranca Upas adalah salah satu wisata hits di Ciwidey yang wajib kalian jadikan tujuan. sekian terima kasih dan selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *